Telp : 0811-485171 / SMS : 0811-485171

Produk HERBALIFE adalah MAKANAN !!! BUKAN OBAT .

Wednesday, May 05, 2010

Motor Diesel

MOTOR DIESEL

Motor diesel termasuk jenis kelompok motor pembakaran dalam (internal combustion engines), dimana proses pembakarannya didalam silinder. Motor diesel ini menggunakan bahan bakar cair yang dimasukkan ke dalam ruang pembakaran silinder motor dengan diinjeksikkan menggunakan pompa injeksi.
Bahan bakar masuk ke dalam silinder atau ruang pembakaran dalam bentuk yang lebih halus maka dipergunakan pengabut (nozzle). Masukkan kedalam silinder pada langkah pemasukkan adalah udara murni. Pada langkah kompresi , udara murni ini dimampatkan hingga menghasilkan panas yang cukup untuk menyalakan bahan bakar yang diinjeksikan kedalam ruang pembakaran motor. Motor diesel sering disebut juga motor penyalaan kompresi( compression ignition engines).

A. Sejarah Perkembangan Motor Diesel
Seorang penemu / peneliti bernama street melakukan penelitiannya,. Perkembangan motor pembakaran dalam(ICE) pada tahun 1794. hasil dari perkembangan tersebut adalah motor diesel sekarang. Selanjutnya dikembangkan oleh seorang insinyur muda berkewarganegaraan perancis yang bernama Sadi Carnet pada tahun 1824.
Idenya dijadikan dasar dalam perkmbangan motor diesel. Dia menyatakan bahwa udara murni yang dimampatkan tersebut dengan perbandingan 15:1 akan menghasilkan udara yang panas untuk menyalakan kayu kering. Udara yang digunakan untuk pembakaran motor hendaknya dikompresikan dengan perbandingan yang besar sebelum dinyalakan. Dia juga menyatakan bahwa dinding silinder hendaknya didinginkan, karena panas dari dari pembakaran akan mempengaruhi kinerja motor.
Pada tahun 1876 Dr. Nickolas Otto mebuat konstruksi motor pembakaran dalam 4 langkah yang menggunakan bahan bakar bensin menggunakan penyalaan api. Pada tahun 1892 seorang insinyur muda berkewarganegaraan german yang bernama Dr. Rudolf Diesel berhasil membuat motor penyalaan kompresi menggunakann bahan bakar serbuk batu bara menggunakan prinsip penyalan bahan bakar dan udara.
Dengan perkembangan sistem pompa injeksi bahan bakar yang benar-benar dapat disebut “mini” oleh seorang penemu yang berkewarganegaraan german bernama Robert Bosch pada tahun 1927 membebaskan motor diesel dari masalah memakan tempat. Sistem injeksi pompa Robert Bosch yang ukurannya mini dari karburator, beratnya ringan dan governer yang menyatu (built-in) sehingga tidak ada lagi sistem pengabutan udara yang banyak makan tempat untuk kompresor,pipa-pipa dan pengontrol klep. Pompa injeksi motor diesel dapat diatur sesuai pembebanan, sedangkan kondisi kecepatan motor dapat atau lebih baik dari karburator motor bensin.
Dengan perkembangan pompa rotari yang lebih kecil penampilannya juga bobotnya yang lebih ringan yang dikembangkan oleh Vernon Rosa pada tahun 1950-an. Motor diesel akhirnya memasuki perkembangan pemakaian dan pemasaran yang lebih luas. Perkembangan lain dari motor diesel adalah dengan penambahan sebuah turbocarjer yaitu alat untuk memasukkan (memompakan) udara kedalam saluran masuk (intakemanifold). Pompa turbocarjer ini digerakkan oleh gas buang yang kedalam turbocarjer tersebut. Dengan adanya turbocarjer ini maka akan menurunkan asap gas buang. Akhirnya motor diesel seperti ini keadaanya sekarang menjadi motor yang benar-benar efisien, ringan dan bebas polusi udara.

B. Keunggulan Motor Diesel
Keunggulan motor diesel dibandingkan pembakaran yang lain adalah :
1. Motor diesel lebih irit dalam pemakaian bahan bakar dengan motor bensin, motor diesel lebih efisien 20-30%.
2. Motor diesel lebih kuat dan mempunyai daya tahan yang lebih lama.
3. Motor diesel lebih besar tenaganya sehingga Motor diesel dapat menjadi motor penggerak (primover).
4. Motor diesel mengakibatkan polusi udara yang lebih kecil.
5. Motor diesel tidak dipengaruhi oleh cuaca.

C. Kelemahan / Kekurangan Motor diesel
Kelemahan / Kekurangannya antara lain adalah :
1. Perbandingan tenaga terhadap berat motor masih lebih besar dibandingkan motor bensin.
2. Motor diesel tetap lebih sukar dihidupkan pertama kali dibandingkan motor bensin.
3. Harga inisial (dasar) Motor diesel lebih mahal karena Motor diesel lebih kompleks dan lebih berat dibandingkan motor bensin.
4. Perawatan dan servis pada umumnya tidak dapat dikerjakan oleh bengkel lokal.

D. Penggunaan ( Aplikasi) Motor diesel
Penggunaan atau aplikasi Motor diesel sebagai motor penggerak (primover) sangatlah berkembang pesat dan akan terus berkembang. Motor diesel banyak dipergunakan untuk keperluan transportasi seperti truk,biskapal dll. Untuk kepentingan pertanian, Motor diesel digunakan pada traktor untuk mengolah lahan pertanian. Pada industri kontruksi bangunan dan pertambangan, Motor diesel digunakan sebagai primover untuk mesin-mesin pengeruk dan pemindah tanah, buldozer dll.

PRINSIP DASAR MOTOR DIESEL

Proses Kerja adalah keseluruhan langkah yang berurutan untuk terjadinya satu siklus kerja dari motor. Proses kerja ini terjadi berurutan dan berulang-ulang. Piston motor bergerak bolak balik dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB) dan dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA) pada langkah selanjutnya.
Pada motor empat langkah, proses kerja motor diselesaikan dalam empat langkah piston. Langkah pertama yaitu piston bergerak dari TMA ke TMB, disebut langkah pengisian. Langkah kedua yaitu piston bergerak dari TMB ke TMA disebut langkah kompresi. Langkah ketiga piston bergerak dari TMA ke TMB disebut langkah usaha. Pada langkah usaha in terjadilah proses pembakaran bahan bakar (campuran udara dan bahan bakar) didalam silinder motor / ruang pembakaran yang menghasilkan tenaga yang mendorong piston dariTMA keTMB. Langkah keempat yaitu piston bergerak dari TMB ke TMA disebut langkah pembuangan. Gas hasil pembakaran didorong oleh piston keluar silinder motor. Jadi pada motor empat langkah proses kerja mptor untuk menghasilkan satu langkah usaha (yang menghasilkan tenaga) diperlukan empat langkah piston. Empat langkah piston berarti sama dengan dua kali putaran poros engkol.
Pada motor dua langkah proses kerja motornya untuk mendapatkan satu kali langkah usaha hanya diperlukan dau kali langkah piston. Motor dua langkah yang paling sederhana, pintu masuk atau lubang masuk dan lubang buang terletak berhadap-hadapan yaitu berada pada sisi bawah pada dinding silinder motor. Proses kerjanya adalah sebagai berikut. Piston berada TMB, kedua lubang (masuk dan buang) sama sama terbuka kemudian campuran udara dan bahan bakar dimasukkan kedalam silinder melalui lubang masuk. Gerakan piston dari TMB ke TMA, maka lubang masukakan tertutup dan tertutup pula lubang buang.maka terjadilah langkah kompresi. Pada akhir langkah kompresi ini terjadilah pembakaran gas bahan bakar. Dengan terjadinya pembakaran gas bahan bakar maka dihasilkan tenaga pembakaran yang mendorong piston ke bawah dari TMA ke TMB. Langkah usaha terakhir terjadilah pembuangan gas bekas begitu terbuka lubang buang. Sesudah itu terbuka pula lubang masuk sehingga terjadi pemasukkan gas baru sekaligus mendorong mendorong gas bekas keluar melalui lubang buang. Dengan demikian pada motor dua langkah proses motor untuk menghasilkan satu kali langkah usaha / pembakaran gas dalam silinder , hanya diperlukan dua langkah piston . dilihat dari putaran poros engkolnya diperlukan satu kali putaran poros engkol.

A. Motor Diesel Empat Langkah
Pada motor diesel empat langkah prinsip kerjanya untuk menyelesaikan satu siklus atau satu rangkaian proses kerja hingga menghasilkan pembakaran dan satu kali langkah usaha diperlukan empat langkah piston.
Langkah pertama adalah langkah pemasukan. Pada langkah ini yang dimasukkan kedalam silinder adalah udara murni. Katup masuk terbuka sedangkan katup buang tertutup. Piston bergerak dari TMA ke TMB. Langkah kedua adalah langkah kompresi. Kedua katup yaitu katup masuk dan katup buang sama-sama tertutup. Piston bergerak dari TMB ke TMA. Yang dikompresikan adalah udara murni. Perbandingan kompresinya cukup besar yaitu 15-22. kompresi udara akan menghasilkan panas yang mampu menyalakan bahan bakar yang dimasukkan kedalam silinder pada akhir kompresi. Bahan bakar yang dimasukkan kedalam silinder adalah bahan bakar cair dalam bentuk kabut menggunakan pompa injeksi dan pengabut (nozzle). Setelah penginjeksian bahan bakar terjadilah percampuran udara dan bahan bakar dan disusul pembakaran bahan bakar.
Langkah berikutnya adalah langkah usaha. Proses pembakaran dan ekspansi merupakan langkah yang menghasilkan tenaga motor. Kedua katup yaitu katup masuk dan katup buang tertutup semuanya. Karena adanya proses pembakaran didalam silinder terjadilah kenaikan tekanan dan ekspansi dari gas (campuran udara dan bahan bakar). Piston didorong dari TMA ke TMB. Langkah selanjutnya adalah langkah pembuangan. Piston bergerak dari TMB ke TMA. Katup buang terbuka sedangkan katup masuk tetap tertutup. Gas bekas hasil pembakaran didorong keluar oleh piston yang bergerak dari TMB ke TMA. Gas bekas keluar silinder melalui saluran buang (exhaust manifold).

B. Motor Diesel Dua Langkah
Pada motor diesel dua langkah untuk menyelesaikan satu siklus proses kerja diperlukan dua langkah piston. Piston bergerak dari TMB ke TMA dan dari TMA ke TMB. Pada langkah pertama terjadi proses pemasukkan dan kompresi. Pada langkah kedua terjadi proses usaha dan pembuangan. Yang dimasukkan kedalam silinder adalh udara murni.
Proses kerja mtor diesel dua langkah adalah sebagai berikut. Dimulai dari piston berada di TMB. Udara murni dimasukkan kedalam silinder motor melalui katup masuk . untuk menghindari bentuk puncak piston pada motor dua langkah dibuat miring . hal tersebut berguna untuk mengarahakan aliran atau gerak dari udara yang baru masuksekaligus untuk pembilasan ruang siinder dari gas bekas yang tadinya berada didalam silinder. Selanjutnya piston bergerak dari TMB ke TMA. Lubang masuk belum tertutup oleh piston pemasukkan udara baru masih tetap berlangsung. Setelah lubang pemasukan tertutp oleh piston kemudian disusul pula tertutup lubang buang oleh piston yang bergerak dari TMB ke TMA lalu proses kompresi terjadi.
Udara yang dimampatkan atau dikompresikan dengan perbandingan yang cukup besar (15-22). Karena itu pada akhir kompresi dihasilkan panas yang cukup mampu memulai pembakaran bahan bakar. Penginjeksian ini menggunakan pompa injeksi yang dialirkan melalui pengabut (nozzle). Percampuran bahan bakar dengan udara dan disusul terjadinya pembakaran. Proses pembakaran dan ekspansi campuran udara dan bahan bakar menghasilkan tenaga panas dan naiknya tekanan daam silinder motor. Selanjutnya pada langkah kedua terjadi langkah usaha. Hasil proses pembakaran mendorong piston bergerak dari TMA ke TMB. Gerakan piston dari TMA ke TMB akhirnya membuka lubang buang yang berada pada dinding sisi TMB. Lubang buang terbuka maka gas yang bertekanan itu segea keluar melalui lubang buang kesaluran buang (exhaust manifold). Ada kemungkinan masih adanya gas yang tertinggal dalam silinder karena adanya pojok-pojok yang tidak terjangkau oleh udara yang masuk dan membilas ruang silinder. Ketidaksempurnaan pembilasan ini tentunya mengurangi jumlah udara baru yang masuk kedalam silinder. Hal tersebut mengurangi efisiensi volumetrik dari pengisian silinder dengan udara yang baru.

C. Dasar Dasar Pengukuran Motor
Dasar- dasar pengukuran motor digunakan untuk menghitung kemampuan sebuah motor untuk menghasilkan tenaga yang dihasilkan motor.
1. Diameter silinder.
Diameter silinder adalah ukuran dari bagian dalam dari silinder liner dari motor.diukur dalam satuan milimeter.
2. Langkah piston.
Langkah piston adalah gerakan dari piston dari titik mati atas.(TMA) ke titik mati bawah (TMB). Pegukuran dalam bentuk milimeter ataupun inchi. Langkah piston ditentukan oleh perencanaan jari-jari poros engkol yaitu dua kali jari-jari poros engkol.
3. Volume langkah (Displacemenrt).
Volume langkah diperoleh dengan menghitung dari silinder motor dikalikan dengan langkah piston, dikalikan dengan jumlah silinder.misalkan diameter silinder motor D milimeter, langkah piston S milimeter, jumlah silinder motor i maka :
luas penampang silinder motor adalah (π/4-D2) mm2.
Volume langkahnya adalah :
V = (π/4-D2) x S x i mm3.

Tenaga motor yang dihasilkan oleh motor tergantung dari volume langkah motor. Tiga cara untuk memperbesar volume langkah / volume silinder motor yaitu :
1) Memperbesar diameter silinder motor.
2) Memperpanjang langkah piston.
3) Menambah jumlah silinder motor.
4. Perbandingan kompresi.
Perbandingan kompesi adalah perbandinganvolume pada keseluruhan dari sebuah silinder motor( volume langkah ditambah volume ruang bakar) tehadap volume ruang bakar. Jika volume langkahnya = Vs, volume ruang bakar = Vc dan perbandingan kompresinya = PK, maka :
PK = ( Vs + Vc ) / Vc.
Perbandingan kompresi dari motor dapat diubah dengan berbagai cara. Cara tersebut adalah merubah ruang bakar tanpa merubah volume langkah / silinder motor atau kebalikannya. Cara lain yaitu merubah volume langkah / silinder motor dengan merubah diameer silinder atau merubah langkah piston.perbandingan kompresi pada motor diesel harus tinggi karena untuk menghasilkan panas pada langkah kompresi untuk membakar bahan bakar yang ada didalam silinder motor pada akhir langkah kompresi.
5. Tenaga motor (Horsepower).
Tenaga motor dinyatakan dalam Horse Power (HP). Satu tenaga kuda adalah tenaga yang diperlukan untuk memindah beban seberat 75 Kg pda jarak 1 meter dalam waktu 1 detik. Dimana 1 HP = 75 Kg/detik.
Jika dalam saruan MKS :
 Tekanan rata-rata efektif dalam Kg/cm2 ( Pr )
 Langkah piston dalam meter ( S )
 Luas penampang silinder dalam Cm2 ( A )
 Jumlah langkah usaha tiap menit, untuk motor 4 langkah dua putaran satu usaha, untuk motor 2 langkah satu putaran satu usaha dalam rpm ( n )
 Jumlah silinder motor ( i )
Untuk motor 4 langkah
Untuk motor 2 langkah
6. Kerugian gesek (Friction Horsepower).
Tenaga yang hilang untuk mengatasi adanya gesekan-gesekan pada bagian-bagian motor yang bergesekan. Kerugian ini disebut kerugian tenaga untuk mengatasi gesekan (fhp). Jadi 1 hp = fhp tenaga outputmeter yang sering disebut bhp (brakehorsepower) yaitu tenaga output yang diukur dengan alat tess motor : dinamomotor.
7. Tenaga output motor (Brake Horsepower).
Tenaga ini diukur menggunakan dinamometer. Dinamo meter adalah alat yang bisa membebani motor untuk mengukur tenaga dari motor. Dinamometer mampu membebani motor dalam berbagai variasi pembebanan, dan mengkorversinya dalam pembacaan tenaga motor. Motor dapat dites dalam pembebanan yang bervariasi dan dalam kecepatan yang bervariasi pula.
8. Efisiensi volumetrik.
Efisiensi Volumetrik adalah perbandingan antara udara yang dimasukkan kedalam silinder motor pada langkah pengisian dengan keseluruhan volume silinder motor. Faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi volumetric antara lain :
1. Diameter katup.
2. Bentuk manifold.
3. Kecepatan motor.
4. Saat pembukaan dan penutupan katup.
5. Tekanan udara yang dimasukkan.
Efisiensi volumetric akan turun jika kecepatan motor naik. Akibatnya tenaga putar motor akan turun. Motor yang beroperasi pada tempat yang ketinggianya lebih tinggi dari permukaan laut akan turun efisiensi volumetriknya, karena tekanan udara pada tempat yang lebih rendah dari permukaan laut tekana udaranya akan lebih tinggi
Untuk mendapatkan efisiensi volumterik yang lebih tinggi digunakan blower untuk mendorong tekanan udara masuk kedalam silinder pada langkah pengisian.
9. Efisiensi panas (Thermal Effisiency).
Efisiensi panas adalah kemampuan motor untuk mengubah tenaga panas yang dihasilkan oleh proses pembakaran. Pada motor diesel tenaga panas yang berhasil diubah menjadi tenaga yang digunakan motor hanya sekitar 40%. Sisanya hilang bersama gas bekas dan terserap system pendinginan motor.
10. Efisiensi mekanik.(Mechanical Effisiency).
Untuk menghitung efisiensi mekanik dapat diperoleh dengan membagi bhp dengan 1hp.Jadi efisiensi mekanik = bhp/ihp.bhp adalah tenaga output motor yang diukur dengan menggunakan dinamometer.ihp adalah tenaga teoretik dalam motor, yang dihasilkan motor.
11.Pengetesan dengan Dinamometer.
Dinamometer adalah alat untuk mengetes kemampuan atau performance dari motor.berbagai kemampuan motor diukur dengan menggunakan dinamometer.hal ini dilakukan dengan melakukan simulasi pembebanan jalan dan kondisi pengoperasian tanpa mengelurkan kendaraan dari dalam bengkel. Alat sederhana yang digunakan untuk pengetesan output tenaga motor adalah prony brake. Alat ini menggunakan tipe pengereman gesek dengan menggunakan lengan .ujung lainnya dari lengan dihubungkan dengan timbangan. Jika panjang lengan dari pusat drum pengereman terhadap titik dimana timbangan dihubungkan adalah 1,2 meter,sedangkan beban pengereman pada timbangan ialah 15 Kg,maka torqinya adalah : 15 x 1,2 kgm.jika motor pada kondisi ini mempunyai kecepatan 1500 ppm,maka output tenaga motor dapat dihitung sebagai berikut :

Jadi
Jika dijadikan dalam Kwatt dikalikan dengan : 0,746 karena 1 tk = 0,746KW, sehingga menjadi :

Baik dinamometer tipe motor ataupun tipe chasis, kebanyakan mengubah factor torqi dan factor kecepatan secara otomatis kedalam bhp atau pembacaan output tenaga di jalan pada dial dari dinamometer.

No comments: